• Dikeluarkan oleh Imam Muslim dalam Kitabud Da awat bab: Fadhlul ijtima ala Tilawatil Quran wa aladz Dzikri.
  • Nabi Kita bersabda: ... Wajib Atas kalian berpegang teguh kepada Sunnahku dan Sunnah Khulafa-ur Rasyidin yang mendapat petunjuk. Peganglah erat-erat dan gigitlah dia dengan gigi geraham kalian, dan jauhiah oleh kalian setiap perkarang yang baru (dalam agama), karena sesungguhnya setiap perkara yang baru itu adalah bidah, dan setiap bidah itu adalah sesat (HR. Tirmidzi dan Abu Daud).
  • Selamat datang di blog ini semoga apa yang ada di dalam blog ini dapat membantu anda.

Harukah Perang Sama Ortu

Sabtu, 28 Februari 2009 Label:
selain hubungan dengan lawan jenis permasalahan yang sering mengemuka pada remaja kayak kita-kita adalah masalah hubungan kita dengan orang tua kita ya… ga.. ? ya donk !
kebanyakan remaja mengeluhkan tentang Ortunya yang terlalu galak, kaku, kolot, atau suka ngatur kita melulu kayak polisi, sampe orang tua yang hobinya berantem melulu, sehingga sah-sah saja ketika mengimbanginya dengan sikap memberontak, memusuhi, bahkan menjadi remaja broken home.
Kok bisa begitu ya… ?
Coba sekarang renungi dulu!

Kayk-kayaknya ada jurang yang cukup jauh yang menghalang-halangi kita denga Ortu kita, saking dalamnya kalo kita mau mengutarakan sesuatu ke Ortu kita, kita udah mals duluan,”Ah paling juga gak boleh, ah paling juga mereka gak sependapat ama aku, Wduh udah Su’udzon duluan tuh ama ortu….!, padahalkan belum tentu gak boleh kan.
Sering kali banyak remaja yang beranggapan kalo orang tuanya itu gak ngertiin kita sebvagai anaknya, tapi apa pendapat itu bener???
Coba sekarang seberapa besar kamu ngertiin ortu kamu?
Seberapa mengenal kamu ama ortu kamu? Coba sekarang apa coba Hoby atau kesukaan Ortu kamu? Hayoooo.


Siapa sih ortu kita?
Apa hak mereka atas kita?

Orang tua adalah orang-orang yang mengasuh, menjaga dan mendidik kita sejak kecil, dengan suka citanya mereka mengasuh kita dengan penuh kasih sayang. Sewaktu kita masih di dalam kandungan, dia menggendong kita tanpa mengeluh selama 9 bulan lamanya, dan ayah kita yang mencari nafkah untuk kehidupan kita, mulai dari biaya perdalinan, hingga kita masuk ke jenjang pendidikan, denganberdasarkan Definisi ini maka jelaslah siapa orang yang pantas diberikan kewajiban kita kepadanya.
Naaah, karena orang tua lebih dulu ada dibandingkan dengan kita istilahnya mereka lebih banyak makan garemnya dari pada kita, jadi pengalaman-pengalaman mereka lebih banyak dari kita, seringkali mereka lebih banyak melarang dan memberi saran yang panjang lebar…!, misalnya kita gak boleh beginilah, begitulah kamu bla bla bla bla dan bla, kamu mungkin bilang eh rese’ amat” Ribet amat cikh” he he ya ga?
Sebenarnya mereka itu memang mempunyai hak untuk berbicara seperti itu, karena mereka juga udah pernah mengalami masa-masa kayak kita kalo kita udah berumur 18 tahun mereka udah pernah ngerasaain gimana waktu umur 18 tahun, tapi kalo kita ap kita udah pernah ngerasain umur kayak mereka? Belumkan! Ortu kita ngerasa beliau memiliki pengalaman yang lebih banyak dari kita jadi sebenarnya mereka itu sayang banget ama kita, jadi mereka pasti gak ingin terjadi sesuatu ama anaknya, percaya gaak?” percaya aja deech!
Kalo gak percaya buktiin aj sendiri silahkan kamu segera nikah dan punya anak… he..he…he.
Pengalaman hidup boleh aja pahit ataupun manis tapi membuahkan produk nasihat yang kebijaksanaan yang lebih baik dibandingkan kita, meski kadang kita berbeda pendapat dengan ortu, kita tidak bisa mengabaikan masalah pengalaman hidup inilho, soalnya, masalah kwantitas waktu atau jam terbang kita kalah dengan mereka karena mereka lebih banyak pengalaman dan lebih tua dari kita! Hayo sekarang siapa coba yang ngerasa lebih tua dari ayah atau ibu kalian? He..he…he
So, setelah kalian tau semua tentang ortu kita, sekarang apa yang harus kita lakukan sebagai remaja muslim yang baik? Tuk kita lanjutan ngebacanya, dalam rangka berusaha membina hubungan baik dengan orang tua ada beberapa hal yang musti kita perhatian.
1. Birrul walidaini (berbuat baik ama kepada orangtua)= hak ortu kewajiban kita
2. taat kepada ortu dalamketaatan kepada Allah
3. Senantiasa memuliakan dan menghormati
4. Menyambung silaturahmi dengan sahabat-sahabat Ortu
bersambung dulu yaaa...
insyaAllah kapan-kapan aku sambung lagi...

0 komentar:

 
Abdul Rohman © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates