• Dikeluarkan oleh Imam Muslim dalam Kitabud Da awat bab: Fadhlul ijtima ala Tilawatil Quran wa aladz Dzikri.
  • Nabi Kita bersabda: ... Wajib Atas kalian berpegang teguh kepada Sunnahku dan Sunnah Khulafa-ur Rasyidin yang mendapat petunjuk. Peganglah erat-erat dan gigitlah dia dengan gigi geraham kalian, dan jauhiah oleh kalian setiap perkarang yang baru (dalam agama), karena sesungguhnya setiap perkara yang baru itu adalah bidah, dan setiap bidah itu adalah sesat (HR. Tirmidzi dan Abu Daud).
  • Selamat datang di blog ini semoga apa yang ada di dalam blog ini dapat membantu anda.

============ILMU PENGETAHUAN===========

Kamis, 23 April 2009 Label:
Tiga Teknologi Terbaru yang akan
Merubah Dunia


Jika anda hidup di tahun 1875 sampai 1965 maka selama itu anda akan melihat beberapa penemuan luar biasa seperti: mesin tik, sikat gigi listrik, telepon, lampu bohlam, alat Bantu pendengaran, kipas angin listrik, mesin cuci piring, bom atom, pesawat terbang, mobil model T, AC, gitar listrik, kapal selam nuklir, vaksin polio dan laser. Sejak millennium lalu teknologi telah mengubah cara hidup kita secara total, tetapi saat ini perkembangan teknologi berjalan dengan kecepatan yang semakin luar biasa. Berikut ini adalah tiga teknologi yang diperkirakan akan mengubah dunia selamanya:

Teknologi nano
Teknologi yang paling menarik sekaligus menakutkan diantara tiga teknologi terbaru. Teknologi nano adalah bidang teknologi yang berhubungan dengan pembangunan dan penyatuan material pada skala 100nm atau lebih kecil. Teknologi nano biasanya bekerja dalam 2 cara. Menyatukan material-material kecil untuk dibangun. Atau menghancurkan material yang lebih besar, material yang telah dihancurkan kemudian digunakan untuk membentuk material baru yang lebih kecil.

Nano teknologi menjadi penting karena pengaruhnya akan sangat besar bagi setiap bidang dalam kehidupan manusia. Bahkan saat anda sedang membaca artikel ini, para ilmuwan sedang melakukan penelitian dengan menggunakan partikel nano untuk menghancurkan sel kanker dalam paru-paru. Di tahun 2004 Rice University melakukan penelitian pengobatan kanker dengan menggunakan partikel emas berukuran nano. Dalam penelitian ini partikel emas 150 nanometer disuntikkan kedalam aliran darah seekor tikus yang terkena kanker. Partikel emas dengan ukuran ini dapat masuk kedalam tumor, tetapi tidak ke jaringan yang sehat. Para peneliti kemudian menggunakan inframerah ke tikus tersebut. Partikel emas yang telah disuntikkan bertujuan untuk membantu sinar inframerah supaya dapat diserap oleh sel-sel tumor untuk kemudian dipanaskan dan menghancurkan sel-sel tersebut. Mereka juga sedang meneliti 'quantum dots' yang dapat membantu dokter mengidentifikasi berbagai penyakit dengan mudah, cepat dan akurat.

Teknologi nano juga akan masuk ke bidang elektronik yang kemudian akan menghasilkan berbagai peralatan elektronik dengan ukuran yang sangat kecil. Aplikasi teknologi nano tidak akan memiliki batas. Dan dapat dipastikan militer juga akan tergila-gila dengan teknologi ini. Dengan teknologi nano mereka dapat meningkatkan fungsi tubuh seperti meningkatkan kepekaan indra atau refleks. Selain itu nanobot dapat digunakan untuk spionase dan menjelajah berbagai daerah. Mereka dapat membunuh sasaran dari dalam tubuhnya sendiri. Inilah sisi menakutkan dari teknologi nano.

Sumber Energi Alternatif
Ketika harga bensin naik dengan tajam dalam beberapa tahun terkahir ini, banyak orang yang kemudian mulai tertarik dengan sumber energi alternatif. Yang selalu menjadi argumen untuk sumber energi alternatif adalah polusi, harga, ketergantungan dan pekerjaan.

Apa yang biasanya tidak disadari oleh semua orang adalah sumber energi alternative apapun pasti akan memiliki dampak terhadap lingkungan yang dapat berupa polusi udara, panas, limbah, penggunaan lahan atau lainnya. Yang sebenarnya harus dipikirkan adalah pro dan kontra dari berbagai jenis sumber energi alternative tersebut.

Saat ini sudah ada beberapa sumber energi alternatif yang sedang dalam proses penelitian. Pembangkit energi tenaga angin telah banyak digunakan di seluruh dunia. Produksi energi solar telah mengalami kemajuan yang pesat berkat bantuan teknologi nano. Salah satunya adalah perusahaan Nanosolar yang memproduksi 'solar cell' yang sangat tipis.. Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC) menggunakan perbedaan temperature pada lapisan laut untuk memproduksi energi. Dan OTEC dapat menggunakan air yang lebih dingin ini (lebih dingin 36 derajat F) untuk berbagai kegunaan seperti pertanian di pinggir pantai dan pendinginan.

Perkembangan di teknologi baterai juga semakin pesar. Salah satunya adalah teknologi baterai hydrogen dari Millennium Cell. Teknologi ini sangat berbeda dengan baterai isi ulang tradisional karena baterai ini dapat terisi ulang secara instant, jauh lenih kecil dan lebih ringan. Baterai ini juga sangat efisien karena anda cukup mengganti energi modulnya saja, dan bukan seluruh baterainya. Saat ini penelitian juga terus dilakukan terhadap biodiesel, listrik, hydrogen, metanol dan sumber lainnya yang diperkirakan memiliki potensi sebagai sumber energi alternatif.

Bionetic
Ini adalah sebuah istilah yang digunakan Paul McGilivary untuk pengaplikasian teknologi ke tubuh manusia. Revolusi bionik saat ini sedang terjadi di kehidupan manusia. Baru-baru ini telah ada 4 kasus pencangkokan robotik ke tubuh manusia dan setiap tahun semakin banyak dana yang mengalir untuk meneliti dan mengembangkannya.

Berbagai implan bionetik dapat mempermudah hidup manusia nantinya. Bahkan saat ini sudah ada beberapa orang yang mulai menggunakannya. Mereka menanamkan alat elektronik kecil ke tubuh mereka yang dapat mengunci atau membuka pintu rumah dan mobil. Teknologi yang sama juga telah diterapkan untuk mengunci atau membuka komputer. Sekali lagi teknologi nano sangat berperan dalam hal ini. Di masa depan diperkirakan bahwa implan semacam ini dapat digunakan untuk menyimpan informasi kesehatan di tubuh seseorang. Jika anda dibawa ke rumah sakit dalam keadaan tidak sadar, maka mereka tetap dapat mengakses seluruh sejarah kesehatan anda melalui implant di tubuh anda. Hal ini dapat dilakukan dengan teknologi RFID.

Dan pada akhirnya akan terbentuk 'jaringan bionetic' yang terbentuk dari semua alat bionetic yang terhubungkan. Dengan ini maka selain berkomunikasi orang jugadapat membagi sensasi dan perasaan mereka dengan orang lain. Jika hal ini terdengar seperti sebuah cerita fiksi, maka cobalah anda mencaritahu tentang penelitian Kevin Warwick, professor bidang sibernetik di University of Reading, Inggris. Ia telah menanamkan sebuah alat pengindra pada dirinya dan istrinya dan keduanya saling terhubung satu sama lain. Alat tersebut ditanamkan di lengan mereka. Penelitian pertama yang ia lakukan adalah saling bertukar input pada indera seperti rasa sakit misalnya. Tentu saja jika ini dapat terwujud nantinya maka anda bisa melupakan SMS, mungkin di masa depan kita akan saling bertukar pikiran secara langsung.

Teruslah ikuti perkembangan teknologi-teknologi tersebut, karena merekalah yang saat ini mungkin paling berpotensi untuk mengubah dunia di masa depan.
Sumber: http://udaramaya.com/new/berita/560/0/Tiga_Teknologi_Terbaru_Yang_Akan_Mengubah_Dunia

8 komentar:

Anonim mengatakan...

wah..jadi ga sabar pengen liat masa depan.
seperti apa yah..
kalo di pilem2 dikatakan bakalan canggih

Anonim mengatakan...

Sepertinya begitu....

Erwin Y mengatakan...

wah kira2 20 tahun kedepan jadi seperti apa ya..:)

affa mengatakan...

wow keren y masa depan ni bs inspirasi buat bikin komik
thanks kawan heheheh

Om Agus ™ mengatakan...

akhi abdul saya kasih abdul award yah ambil di omagus dot com

agoez3 mengatakan...

Terima kasih Akhi atas berbagi Ilmunya selama ini. Sebagai rasa terima kasih, saya persembahkan hadiah award buat Akhi di blog saya. Terima kasih banyak ya:)

Acid mengatakan...

wah...manusia semakin semangat ingin melampaui semua batas yang ada...saya khawatir, nantinya malah manusia sendiri lah yang musnah gara - gara perkembangan teknologi ini...

kumpulan journal - journal free... ;)

Unknown mengatakan...

kira-kira masa depan seperti apa ya? masih sempet liat ga ya kira2...

 
Abdul Rohman © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates