• Dikeluarkan oleh Imam Muslim dalam Kitabud Da awat bab: Fadhlul ijtima ala Tilawatil Quran wa aladz Dzikri.
  • Nabi Kita bersabda: ... Wajib Atas kalian berpegang teguh kepada Sunnahku dan Sunnah Khulafa-ur Rasyidin yang mendapat petunjuk. Peganglah erat-erat dan gigitlah dia dengan gigi geraham kalian, dan jauhiah oleh kalian setiap perkarang yang baru (dalam agama), karena sesungguhnya setiap perkara yang baru itu adalah bidah, dan setiap bidah itu adalah sesat (HR. Tirmidzi dan Abu Daud).
  • Selamat datang di blog ini semoga apa yang ada di dalam blog ini dapat membantu anda.

Buku Panduan Ramadhan

Rabu, 11 Agustus 2010 Label:

Bismillah,

Bulan Romadhon merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan Allah subahanahuwata'ala memuliakan bulan romadhon seperti yang dijelaskan di dalam surah Al Baqarah ayat 185:



“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185)

Ibnu Katsir rahimahullah tatkala menafsirkan ayat yang mulia ini mengatakan, ”(Dalam ayat ini) Allah Ta’ala memuji bulan puasa –yaitu bulan Ramadhan- dari bulan-bulan lainnya. Allah memuji demikian karena bulan ini telah Allah pilih sebagai bulan diturunkannya Al Qur’an dari bulan-bulan lainnya. Sebagaimana pula pada bulan Ramadhan ini Allah telah menurunkan kitab ilahiyah lainnya pada para Nabi ’alaihimus salam.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 2/179)

dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan yang terdapat di bulan Romadhon, dan tulisan di atas merupakan sedikit cuplikan dari Buku PANDUAN RAMADHAN (Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah) yang ditulis oleh Al Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal.

Berikut ini adalah daftar isi isi Buku Panduan Ramadhan tersebut:

Keutamaan Bulan Ramadhan
Keutamaan Puasa
Ganjaran Bagi Mereka yang Berpuasa
Hikmah di Balik Puasa Ramadhan
Hukum Puasa Ramadhan
Menentukan Awal Ramadhan
Syarat dan Rukun Puasa
Sunnah-sunnah Puasa
Jangan Biarkan Puasamu Sia-Sia
Pembatal-Pembatal Puasa
Yang Dibolehkan Ketika Puasa
Yang Mendapatkan Keringan Tidak Berpuasa
Qodho’ Puasa Ramadhan
Pembayaran Fidyah
Panduan Shalat Tarawih
Menanti Malam 1000 Bulan
Panduan I’tikaf Ramadhan
Tuntunan Dzikir di Bulan Ramadhan
Panduan Zakat Fithri
Amalan Keliru di Bulan Ramadhan
Panduan Shalat ‘Ied
Lima Faedah Puasa Syawal
Perpisahan dengan Bulan Ramadhan
Referensi
Biografi Penulis
Bagi ikhwan yang ingin mendownload buku tersebut silahkan klik disini dan semoga bermanfaat. Dan jika antum ingin mendapatkan manfaat dari situs beliau antum bisa langsung berkunjung ke web Rumaysho.com di dalamnya terdapat banyak sekali ilmu yang insyaAllah bisa antum manfaatkan.

0 komentar:

 
Abdul Rohman © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates